Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control Pada Skutik Premium Forza 250 ( fitur HSTC ) PCX160 dan ADV 160

8
496

Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control

., salam pertamax7.com, Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control Pada Skutik Premium Forza 250 ( fitur HSTC )

Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control Forza 250
Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control Forza 250

Salam MAXI mania.

Sebagai produk premium dari PT. Astra Honda Motor di Indonesia, Forza 250 di lengkapi banyak fitur salah satunya yakni HSTC yang merupakan kepanjangan dari Honda Selectable Torque Control. Fitur ini disebut sebagai fitur kenyamanan, maksudnya gimana sih? lalu cara kerjanya bagaimana?

Link ponsel pintar ( di sini )

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control

AHM Hadirkan Honda Forza 250 di Indonesia GIIAS
AHM Hadirkan Honda Forza 250 di Indonesia GIIAS

Honda Selectable Torque Control sebenarnya identik dengan kontrol traksi ( traction control system aka TC , TCS ) yang fungsinya untuk mengatur torsi mesin agar ban belakang tidak kehilangan traksi ( gaya gesek ) sehingga tidak terjadi selip yang dapat menyebabkan pengendara kehilangan kendali ( ngepotttt… ), bisa menyebabkan ketidak nyamanan dan bahaya.

perihal gaya gesek ban, sistem TC ini mirip dengan sistem ABS cuma bedanya ABS mencegah hilangnya traksi saat mengerem sedangkan TC mencegah hilangnya traksi saat kita buka gas , keduanya difungsikan agar ban kendaraan baik motor maupun mobil tidak selip.

mengingat power dan torsi mesin matic 250 cc satu silinder yang lumayan narik, fitur Honda Selectable Torque Control ini akan meningkatkan kenyamanan berkendara karena pengendara tidak perlu khawatir saat melintasi trek yang dikhawatirkan akan licin karena penyaluran torsi mesin ke roda belakang di kontrol sepenuhnya oleh sistem tersebut.

Partner
IRC
Honda
FDR

Prinsip Kerja Honda Selectable Torque Control

lantas bagaimana cara kerjanya?

Skematik HSTC Honda Forza 250
Skematik HSTC Honda Forza 250

secara sederhana pak Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT. AHM dalam acara product knowledge Honda Forza 250 beberapa waktu lalu menjelaskan bahwasanya Honda Selectable Torque Control ( HSTC ) pada Honda Forza 250 akan ON apabila sensor mendeteksi putaran roda belakang melebihi yang di tentukan ( selip misal ) sehingga putaran roda depan tidak sejalan dengan roda belakang-red

ECU lantas memberikan sinyal kepada Engine Torque Control untuk memutus sementara pengapian mesin dalam sepersekian detik. Efeknya seakan mesin di paksa mati, dan penyaluran Torsi mesin ke roda belakang terputus sementara guna meredakan selip yang terjadi.

Pertamax7.com memang belum mencoba fitur Honda Selectable Torque Control  karena belum testride Honda Forza 250 , namun setelah mencoba Traction Control Skutik gambot sebelah, ada semacam brebet di mesin kala TC ON diiringi lampu indikator TC berkedip dan juga ban belakang batal selip. Canggih !

Kiri Pak Endro Sutarno Technical Service Division PT. AHM Bedah Fitur Honda Forza 250
Kiri Pak Endro Sutarno Technical Service Division PT. AHM Bedah Fitur Honda Forza 250

catatan pertamax7.com :

  1. Honda Selectable Torque Control di Honda Fozra 250 ini tidak untuk balapan maupun keperluan menikung kencang ( cornering ), fitur kontrol traksi di motor cc kecil bukan untuk keperluan tersebut
  2. fitur Honda Selectable Torque Control pada Honda Forza 250 bisa pilih on maupun off sesuai kebutuhan pengendara melalui tuas yang berada di saklar kiri depan tombol lampu dekat/ jauh.
  3. fitur Honda Selectable Torque Control biasanya di off kan kala motor terjebak di jalanan licini ( misal tanah basah ) guna mendapatkan torsi lebih dari mesin untuk keperluan start ( dari posisi diam ) maupun keperluan lain yang memerlukan torsi spontan.
Tombol HSTC Honda Forza 250
Tombol HSTC Honda Forza 250

wah jadi lebih pede nih betot gas hehehe

nah sudah jelas kan om, ada yang masih belum paham? monggo bisa di tanyakan via kolom komentar dibawah.. btw ada pemirsa yang sudah indent honda Forza 250 ini? Rp.70 jutaan saja OTR pulau Jakarta sana. semoga berguna ya om.. salam @ipanase

ARTIKEL INI BUKAN UNTUK BABE plus minus +- BABE.CO.ID / BABE.NEWS ! dan Sejenisnya

8 KOMENTAR

  1. “sehingga putaran roda belakang tidak sejalan dengan roda belakang-red” => ketoke salah ketik lek, mungkin maksude tidak sejalan dengan “roda depan”.

Apa Pendapat Pemirsa ?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.