Tips mencuci rantai sepeda motor ala HONDA

26 januari 2012

musim hujan tak menyurutkan pengendara sepeda motor untuk beraktifitas, medan apapun pasti akan dilibas, entah berair, berlumpur, berpasir dll, nah, setelah basah2 n kotor2 tersebut trus parkir di bawah kasur parkiran kerjaan atau di garasi rumah masing-masing sampe lupa bagian vital dari sebuah sepeda motor telah KOTOR dan SERET,,,apa itu??

RANTAI MOTOR atau boso londonya CHAIN DRIVE, rantai pada sepeda motor berfungsi  menyalurkan tenaga ( power ) dari mesin menunju roda belakang dengan menggunakan perbandingan gearset.

nah, kalau rantai mas bro semua kotor n seret, maka tenaga yang dihasilkan sebuah mesin motor tidak akan tersalurkan seca maksimal karena seret n berat sehingga walaupun mesin powerfull kalau rantai kotor seret,, maka akselerasi dan topspees akan berkurang karena tenaga banyak berkurang menjadi gaya gesek rantai dan menjadi panas.

maka dari itu…..janganlah jangan mencuci body doank kenclin n keren,,tapi kemrosak,,,,,…..mana keren….

yuk kita mencuci rantai ala HONDA….

ane dapat nih gambar pas ane baca-baca buku panduan honda tiger yang rantenya terkenal mahal, gede n kemrosak itu,,,,,( CAMRYOSAK jare pak kBON )

cara cuci rantai

gambarnya

cara cuci rantai

1. cuci pake sabun, ingat,

2. lap pake DOLLAR GOMBAL

3. lumasi pake OLI TRANSMISI MOBIL SAE 80-SAE 90

ane dah lama nerapin cara tersebut diatas untuk megison, sekadar inpo, oli transmisi sae 90 seliter 30 rebuan ( merknya lupa, n ane belinya cuma 1/2 literan,,xixixi )

semoga berguna

salam BERSIH

wonogiri sukses

asekkkkkkkkk

pertamax

ini ceritaku mana update-an mu

79 KOMENTAR

  1. inpo mantap mas,emang pake oli gardan lbh murah n hasilnya jg josh..
    kalo 30 ribuan it pertamina rored hda yg kmasannya biru y???
    ad jg tu shell spirax,bm1,top 1 oli gardannya mangstab

  2. tiba2 kepikiran nih bro, moga didengar para atpm besar…….

    saya sih penginnya ada motor laki murah dari SUZUKI, KAWASAKI, YAMAHA, BAJAJ, hONda, dll untuk para tukang ojek disana,
    ga perlu fitur yang neko2 macam SKS, RDB, radiator, DOHC, digital spido, led lamp, dan fitur2 mubazir lainnya

    yang penting tahan banting, mumpuni diajak nanjak extreme, kualitas bagus, 3S spare part murah dan gampang, tangki awet, power mesin cukup gede utk dipake ditanjakan pegunungan yg sering dipake tukang ojek ato rakyat2 kecil lainnya

    kira2 begini speknya:
    kalo bisa harga 15jt-an sampai under 18jt aja
    150cc 4tak SOHC, 20 PS, manual clutch,torsi bawah gede, karbu (kalo bs injeksi)
    rangka besi tubular standar no coak
    sok belakang stereo
    lengan ayun aluminium
    lampu standar bulat klasik
    spido analog standar aja
    model tangki dibuat agak rata, agar bisa dipake naikin barang bawaan yg kecil
    tutup tangki model ninja, biar air ga gampang masuk!
    rem depan cakram, belakang tromol
    pelk jari-jari aja
    desain moncong knalpot mancung keatas, antisipasi banjir gede bo..

    mungkin spek ini lebih bisa diterima kalangan rakyat kecil, terutama para ojeker di daerah pegunungan tinggi yang banyak tanjakan

    sebenernya dah ada thunder 125, sayang cc-nya cuma 125cc.
    dan pulsar 135 hanya 135cc

    ato bisa juga ngambil dari basis mesin vixion/byson/satria FU yg udah 150cc

    moga2 aja ada yang mau dengar!!!

  3. Tetep aja debu nempel bro….

    Ganti aja:
    1.basahin pake air
    2.di kuas/ di sikat pake solar,
    3.disabun mpe bersih,
    4.dibilas dan dikeringin,
    5. terus disepmprot pake chain lube, jgn pake oli

  4. Dan jangan sengaja dipake buat nggiling pasir/lumpur jalanan (tanpa tutup rante).
    Dan biasakan shifting gear pada saat torsi udah cukup (menghindari rantai cepat mulur) CMIW

  5. woooooo…saya biasanya nyuci rante macan ompong pake semprotan air tekanan tinggi,,salah ternyata

  6. touringrider on 29 January 2012 at
    16:43 said:
    ada beberapa rantai yg gak boleh dicuci
    dengan bensin atau solar. kalau sabun
    colek??? nyari yg gak keras2 aja, takut
    rusak sealent bawaannya.

    ==============================

    Owh gitu to Gan…. Pantes kmren seal gir depan jupi z punya saya bocor, jd ada oli rante netes dr situ….(motor udah 4 tahun siy)

    Ne gara2 kebiasaan ane nyuci rante pake minyak tanah/ solar atw emg gara2 umur motor yg udah udzur y???

    Agan ipanase–> tp menurut ane tetep aman pake chain lube deh… Kan skg banyak chain lube yg harganya terjangkau jg, terakhir beli cmn 15rb pdhl isinya 250 ml….

  7. malas cuci detail. sial, motor rantai sekarang enggak ada yang pakai tutup rantai. dulu bajaj pulsar, honda impressa, smash, pada pakai tutup rantai. pabrikan harusnya memberikan pilihan untuk pasang tutup rantai biar rantai awet.

  8. beli oli gardannya dimana gan, apa ada ga di bengkel motor, atau harus ke bengkel mobil, dan mereknya apa,? apa di swalayan2 seperti Borma swalayan ada ga ya. di tunggu jawabannya

Apa Komentar Pemirsa ?