exhausTEC fitur resonator di knalpot bajaj pulsar yang meningkatkan torsi, kini diadopsi knalpot racing dengan nama MEGABOM

artikel kagak jelas, judul panjang bak kereta, blog apaan nih?

bajaj pulsar> siapa yang nggak tahu pasti bukan bikers sejati, n jarang dengerin blog otomotif nih

bajaj pulsar 220

banyak uniknya motor CINA ini  ( SESAT ), eh MOTOR INDIA , CBU INDIA GAN

mari kita bahas knalpotnya,

lanjut

knalpot bajaj pulsar di kenal dengan nama exhausTEC, apaaan sih?

ExhausTEC

Teknologi dalam sistem gas buang dari mesin ‘Pulsar DTS-i’. ‘TEC’ merupakan singkatan dari ‘Torque Expansion Chamber’. Teknologi pertama di dunia ini mampu meningkatkan torsi mesin secara drastis saat putaran rendah sehingga pengendara tidak perlu mengoper gigi terlalu sering. Knalpotnya juga mempunyai kualitas suara yang khas. Ia memberikan suatu identitas tertentu bagi Pulsar dan membuatnya sangat unik. Kami dengan bangga mengungkapkan bahwa Bajaj telah diberi hak paten atas inovasi "ExhausTEC" ini.

sumber bajaj

Bajaj-ExhausTEC

kayak apa sih ecxhaustec itu??? ^^^ ( bajaj auto )

ExhausTEC’ is a device incorporated in the exhaust system. TEC stands for ‘Torque Expansion Chamber’. It is a tuned box (resonator) fitted onto the header pipe of the exhaust (shown in diagram)
In the lower rpm zones, the ExhausTEC helps to build a negative pressure pulse (vacuum) at the exhaust valve, thereby sucking in more air-fuel mixture into the cylinder during intake valve opening.

intinya, RESONATOR, bentuknya kayak gini, wow, simple tapi meningkatkan TORSI ( motor jepang emang punya?? apalagi motor cina??? )

nah, teknologi bajaj ini sekarang bisa dinikmati kedalam motor jepang dengan pengaplikasian knalpot racing yang diberi nama MEGABOM, BOM? ?meledak now?? 😀

knalpot megabomb

sseperti yang dilansir motorplus

megabom

resonator kecil dengan fungsi serupa exhausTECnya bajaj, namun versi mini

Ini yang membuat teknologi megaboom berkembang. Secara umum megaboom solusi untuk meningkatkan performa motor. Selain itu, megaboom juga dapat membantu menurunkan suara keluaran knalpot dengan cara menyerap suara. Sehingga suara bisa lebih rendah.
Menurut Aung Suratman, Customer Care AHRS, ruang yang ada dalam megaboom berfungsi ganda. Sebagai pre-muffler yang berperan menurunkan suara dan meningkatkan volume gas buang yang masuk ke dalam megaboom. Pada akhirnya mempercepat pembuangan.
“Proses ini menghasilkan efek pembilasan pada saluran gas buang. Menyebabkan udara segar dan tekanan bahan bakar dapat masuk lebih cepat ke ruang bakar (silinder). Otomatis proses pembakaran ini menjadi lebih efisien dan bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar,” beber Aung.

^ ada yang pernah coba, kecil2 besar fungsinya ternyata 😀

salam ngawur dan bingung, ane lihat di knalpot honda tiger yang nemplok  megison kagak ada sih 😀

49 KOMENTAR

  1. padahal teknologi jadul ini di Indoneisa sudah diterapkan pada knalpot motor SUZUKI RC100 series yg lahir jaman dulu kala, eehhh…pabrikan lain udah mulai ngadopsi…josss suzuki

  2. klo gak salah diknalpot suzuki rc series dah mengadopsi tehnologi ini gan..cma beda nama aja kyknya….nice artikel gan .slm kenal ya /

  3. suzuki RC80, RC100 2 stroke dah punya kok, emang RC100 tarikanya jooosss…. sip diadopsi oleh pulsar..
    Syukur pulsar mau pake EXUP-nya yamaha di knalpotnya, makin jooosss…

  4. mana data dyno test nya sebelum pake resonator n sesuda pakai di kenalpon yg sama? biar ga dibilang omong doang..

  5. @16 : beda masbro.. kalo filter udara di mobil sekedar mengurangi emisi dan db killer, kalo ini (exhaustec) berfungsi membalik daya buang kembali ke mesin sehingga menambah daya putar mesin, jadi yg tadinya tenaga buang dr mesin dibalik lagi ke mesin..

  6. dulu jaman teman kuliah (th 1998)punyacbr 400 yg knalpotnya udah pake teknologi tersebut, kalo gak salah yang lampu buntutnya mirip kaze, jaman motor masih nuansa kotak-kotak . memang untuk memaksimalkan gas yg terbuang agar kesedot lagi ke ruang bakar.

Apa Komentar Pemirsa ?